Pesona Pulau Kemaro, Wisata Unik dan Populer di Palembang

Di Palembang, ibu kota Sumatera Selatan, ada objek wisata unik yang sering disebut sebagai Pulau Samosir versi mini. Nama sebenarnya adalah Pulau Kemaro. Pulau Kemaro sendiri adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Palembang, Sumatera Selatan. 

Pulau Kemaro menjadi satu dari sekian destinasi Palembang yang menarik dikunjungi. Jika Anda berencana untuk pergi ke Palembang, maka jangan lewatkan wisata ini sebagai salah satu tujuan Anda. Seperti apakah pesona dari Pulau Kemaro itu sendiri?

Daya Tarik Pulau Kemaro

1. Ada Klenteng Ikonik di Tengah Pulau

Saat mengunjungi Pulau Kemaro, akan ada Vihara Cina atau klenteng sembilan lantai yang di tengah pulau. Klenteng ini dinamakan dengan Hok Tjiang Rio dan dibangun sejak tahun 2006.

Klenteang Hok Tjiang Rio sendiri menjadi ikon khas pulau Kemaro. Apalagi di pulau tersebut terdapat sebuah kuil yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau mengunjungi makam. Adapun nama kuil itu adalah Kuan Im yang telah ada sejak tahun 1962.

2. Memiliki Cerita Sejarah yang Legendaris 

Menurut cerita, seratus tahun yang lalu, ada seorang putri cantik bernama Siti Fatimah. Dia adalah putri raja kerajaan Palembang saat itu. Selain cantik, dia juga memiliki karakter yang baik, sopan, dan cara dia berbicara kepada orang lain menunjukkan betapa pintarnya dia.

Kecantikan Siti Fatimah benar-benar membuatnya memiliki banyak pengagum, terutama kaum pria. Namun, Siti Fatimah justru jatuh cinta dengan Tan Bun Ann. Keduanya terhalang budaya dan agama, namun mereka berhasil menikah.

3. Menjadi Tempat Festival Tionghoa

Bagi masyarakat Tionghoa, Pulau Kemaro lebih dari sekedar tempat wisata, namun juga sebagai tempat ibadah dan ziarah.

Pulau ini juga menjadi rumah saat festival Tionghoa. Pulau ini akan lebih ramai ketika ada Cap Go Meh atau Tahun Baru Imlek. Anda yang tertarik untuk menyaksikan festival Tionghoa bisa datang saat Tahun Baru Imlek.

Lokasi dan Cara Menuju Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di delta kecil Sungai Musi, sekitar 6 km di hilir Jembatan Ampera. Destinasi Palembang ini terletak di antara kawasan industri. Ya, lokasinya ada antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan juga  Kilang Minyak Pertamina. 

Bagi Anda yang ingin pergi ke Pulau Kemaro, maka bisa menyewa perahu tradisional di dekat Jembatan Ampera. Adapun biayanya tergantung pada jenis perahu yang Anda pilih. Jika memilih perahu dengan mesin, Anda harus membayar sekitar Rp 200.000/perahu. 

Jika memilih yang tradisional, maka Anda harus membayar Rp 150.000/perahu. Setiap perahu dapat menampung hingga 6-7 orang dan biaya yang Anda bayarkan adalah biaya pulang pergi. Adapun perahu akan membawa Anda dari jembatan Ampera ke Pulau Kemaro pulang pergi.

Anda yang ingin sekali berwisata ke Palembang dari Lampung, sudahkah pesan bus untuk perjalanan? Jika belum, coba pesan tiket travel Lampung – Palembang di aplikasi agen perjalanan terbaik Pegipegi! 

Cukup mengunduh aplikasinya di smartphone, maka Anda sudah bisa cari bus dengan harga dan fasilitas terbaik dari Lampung menuju Palembang.

Anda juga bisa dapatkan harga tiket bus online murah via Pegipegi karena ada banyak promo yang tersedia setiap harinya. Yuk, pesan perjalanan ke Palembang sekarang dengan Pegipegi!

 

 

Incoming search terms:

  • АНЯ АНИМЕ ШАБЛОН
  • paper yeti craft template
  • who touched me coloring pages
  • маска африканца шаблон
  • savable coloring sheets
  • peacock drawing without color
  • фигурки из бумаги блич
  • free printable kids rocket ship coloring page for counting
  • АНЯ АНЕМЕ ШАБЛОН
  • abominable snowman coloring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *