Belanja Online Banyak Disukai, Ternyata Ini Alasannya!

Semenjak munculnya teknologi internet di dunia, perkembangannya terus saja mengalami peningkatan secara signifikan. Tak hanya sebagai pusat informasi dan komunikasi saja, namun internet juga banyak dimanfaatkan untuk mendulang rupiah. Cara paling umum untuk bisa mendapat uang dari teknologi internet adalah dengan jualan secara online. Ya, semenjak beberapa tahun belakangan ini jual beli online kini semakin diminati oleh pasaran. Tak heran jika kini sudah ada jutaan situs belanja online yang tersedia di dunia maya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saat ini sangat terlihat jika kecenderungan masyarakat untuk bisa bertransaksi secara online kian besar. Banyak sekali alasan yang menjadikan aktivitas jual beli online ini semakin diminati. Apabila Anda adalah salah seorang pemilik website jual beli, maka ada baiknya untuk mengetahui alasan utama mengapa banyak pelanggan yang suka berbelanja secara online seperti yang penulis ambil berdasarkan pengalaman dari situs belanja online Bukalapak  berikut ini:

  • Tersedia kapanpun dan dimanapun

Patut disadari jika belanja online memungkinkan semua konsumen untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun baik ketika tengah malam dan dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet. Hal ini karena kecenderungan juga dari gaya hidup masyarakat modern yang kerapkali terlalu sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan sehingga seringkali tidak punya waktu lebih untuk membeli apa yang dia inginkan sendiri di toko secara langsung.

  • Mudah dan tanpa stres

Ketika Anda membeli dan belanja di pasar atau pusat perbelanjaan, maka yang terbayangkan adalah penuh dan sesak, panas serta stres karena perjalanan, parkir hingga barang yang Anda inginkan terkadang tidak ada di satu tempat tersebut. Namun hal ini berbeda ketika Anda berbelanja secara online dimana Anda hanya perlu menggerakkan jari dan barang akan langsung datang ke rumah bahkan di hari itu juga (untuk beberapa daerah). Kemudahan yang bisa didapatkan inilah yang jadi alasan utama mengapa banyak orang lebih suka belanja di dunia maya.

  • Bisa mendapat produk langka

Mungkin produk A sangat banyak di toko fisik yang ada di Jakarta, namun belum tentu produk A tersebut bisa didapatkan dengan mudah di toko fisik yang ada di kota lain. Hal-hal seperti ini juga bisa tertutupi dengan adanya toko online. Banyak sekali konsumen yang terbantu untuk mendapatkan produk langka di daerahnya dengan lebih mudah dengan bantuan kurir yang mengantarkan hingga ke rumah.

  • Mudah membandingkan harga

Pasti Anda pernah merasakan betapa lelahnya membandingkan satu produk tertentu di toko A dengan produk yang sama di toko lainnya karena harus berputar-putar toko. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda berbelanja secara online karena semuanya sangat mudah. Anda tinggal memainkan jari dan membuka toko satu dengan toko lainnya secara lebih mudah dan cepat sehingga bisa mendapatkan penawaran harga yang termurah.

  • Harga lebih murah

Banyak yang sudah merasakan pengalaman berbelanja secara online dan menyatakan jika belanja di toko online umumnya lebih murah dibanding di toko fisik untuk produk yang sama. Namun untuk mendapatkan harga yang murah, tentu Anda juga perlu membandingkan dengan ongkir yang dibebankan nanti.  Itulah beberapa alasan mengapa aktivitas belanja online kini menjadi sangat diminati oleh masyarakat modern. Dengan segala kepraktisan dan kemudahannya, tak heran jika toko online banyak diserbu pembeli. Meski banyak kemudahan, namun ada baiknya tetap teliti dan cermat sebagai konsumen karena banyak juga penipuan yang kerap terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *